Belasan tahun sejumlah santri-santri yatim di Yayasan Darul Aytami Kabupaten Aceh Utara harus berwudhu dengan air payau, bahkan air tersebut mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-harinya.

Belasan Tahun Gunakan Air Payau Bantu Wujudkan Sumur Wakaf Untuk Santri Yatim

Update : 28 Dec, 2020

Sahabat Dermawan, percayakah bahwa ada yayasan pendidikan di wilayah Aceh Utara yang mengandalkan air payau untuk semua kegiatannya?

17 tahun lamanya Yayasan Pendidikan Darul Aytami berwudhu menggunakan air payau. Ratusan santri yang mondok di Yayasan Pendidikan tersebut pun tidak mempunyai pilihan lain, sehingga harus menggunakan air payau untuk aktivitas sehari-hari.

07638dd954ceb2378d5407a0a50f775a.jpg

Bahkan tak jarang dari mereka merasakan kulitnya gatal-gatal. Air Payau tersebut merupakan satu-satunya sumber air, kerena tidak adanya sumur bor yang dapat dijadikan sumber air yang layak.

Yayasan Pendidikan Darul Aytami sendiri terletak di Gampong Lhok Iboh, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh memang terletak dikawasan sulit air bersih. Yayasan Pendidikan Darul Aytami menampung 120 Santri dengan latar belakang yatim dan keluarga kurang mampu dari berbagai Desa di Aceh Utara. Seluruh santri yang mondok di Yayasan Pendidikan ini tidak dipungut iuran.

2943caf53950e0b84731fa4fbbd6c673.jpg

Yayasan Pendidikan Darul Aytami sudah berdiri sejak tanggal 05 September 2003. Namun lokasi Yayasan Pendidikan ini memang terletak dikawasan sulit air bersih. Tim Aksi Cepat Tanggap lhokseumawe berinisiatif untuk membangun sumur bor demi menunjang kebutuhan mereka sehari-hari.

bf4eecafd54becf8d09f87e91da01419.jpg

Insyaa Allah, ini semua dilakukan untuk menjaga semangat para santri dalam menuntut ilmu agama dengan ketersediaan air bersih. Insya Allah, dengan wakaf tunaimu untuk pembangunan sumur ini, mereka tak lagi kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bayangkan, ketika air dari sumur yang kita wakafkan dapat membasahi lidah para calon-calon penghafal Al-Qur'an. Pahalanya akan terus mengalir bahkan setelah kita wafat kelak. Masya Allah.

Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (HR. Abu Daud). Rasulullah amat menganjurkan sedekah air karena peranan penting dari air di dalam kehidupan kita.

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan

ACT Lhokseumawe

Created 03 Dec, 2020 Gampong Lhok Iboh Wakaf

Rp 1,440,150 Terkumpul